Selasa, 11 Februari 2014

perbandingan keefektivan strategi pembelajaran DAP dan Quantum Quotient dalam pembelajaran matematika sma



ABSTRAK

Mariana. 2012. Perbandingan Keefektivan Strategi Pembelajaran DAP dan Quantum Quotient dalam Pebelajaran Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Lappariaja Kabupaten Bone (dibimbing oleh Djadir dan Dwi Risky Arifanti).

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran matematika siswa kelas VII MTS Negeri Lappariaja Kabupaten Bone siswa  yang diajarkan dengan strategi DAP. (b) Untuk mengetahui bagaimana hasil pembelajaran matematika siswa kelas VII MTS Negeri Lappariaja Kabupaten Bone  yang diajarkan dengan strategi quantum quotient. (c) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil pembelajaran matematika siswa  kelas VII MTS Negeri Lappariaja Kabupaten Bone antara yang menggunakan strategi pembelajaran DAP dan Quantum Quotient. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri lappariaja Kabupaten Bone tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah sampel 50 orang siswa. Penelitian ini di laksanakan pada bulan mei. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen yang melibatkan dua kelas dengan menggunakan desain Post Only Control Group Design. Adapun satuan eksperimen ditentukan secara random dari 4 kelas, dipilih 2 kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB sebagai kelas eksperimen1 dan eksperimen2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tes. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan memanfaatkan program static produc control and service solutions serta pengkategorian. Hasil pembahasan disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas VII MTS negeri Lappariaja Kab.Bone yang diajar dengan menggunakan strategi DAP  pada materi bangun datar segitiga dan segiempat berada pada kategori sedang (8 siswa atau 29,6%), 24 siswa (59,2%) berada pada kategori tinggi  dan 3 siswa (11,1%) pada kategori sangat tinggi sedangkan hasil belajar siswa  kelas VII MTS Negeri Lappariaja yang diajar dengan menggunakan strategi Quantum Quotient pada materi bangun datar segitiga dan segiempat 2 siswa (8,7%) berada pada kategori sangat rendah, 7siswa (30,4%) berada pada kategori rendah, 12 siswa (52,2%) berada kategori sedang dan 2 siswa (8,7%) berada pada kategori tinggi dan untuk kategori sangat tinggi 0 siswa ( 0%).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar